Kopdar Nasional TDA Perempuan di Alam Wisata Cimahi

14 Okt 2015

Coach Fauzi Rachmanto di Kopdar Nasional TDA Perempuan - Miss Dara
Hari Senin kemarin saya dapet kesempatan langka untuk ikut Kopdar Nasional TDA Perempuan di Alam Wisata Cimahi free of charge alias gratis! Sebenernya acara ini ada HTM-nya, cuma kebetulan Teh Vicky (partner bisnis saya) yang udah daftar & bayar ternyata gak bisa hadir karna ada kewajiban lain, jadilah saya yang didaulat untuk ikutan. Padahal jujur gabung aja baru 2 hari. Hahahaha gak tau malu banget. Ketauan deh sukanya sama yang gratisan (but then again, who doesn't?! :p)

Iya jadi saya ikutan acara Kopdar Nasional TDA Perempuan. Tapi sebelumnya mungkin ada yang belum tau, apa sih TDA Perempuan itu? TDA, atau Tangan Di Atas, adalah sebuah komunitas tempat para wirausahawan & wirausahawati berkumpul untuk saling sharing dan saling bantu dalam berbisnis. Di sini banyak berkumpul orang-orang baik dari kalangan pengusaha maupun yang baru mulai atau baru belajar bisnis (kayak saya). TDA adalah komunitas yang action oriented, sehingga banyak mengadakan acara-acara, mulai dari seminar bisnis, pelatihan, sampai acara amal. Nah kalau TDA Perempuan ini adalah sub-komunitas yang isinya adalah para wirausahawati, seperti namanya. Lebih lanjut mengenai TDA, silahkan klik di sini.
Kang Deden & Kang Wildan, MC di  Kopdar Nasional TDA Perempuan - Miss Dara
Ngapain aja di acara Kopdar Nasional kemarin? Berhubung saya datengnya telat karna motor suami mogok di perjalanan, jadi yang pertama saya liat pas sampe venue mungkin bukan bener-bener acara pertama. Sambil malu-malu karna belum kenal siapa-siapa tapi udah berani telat, saya milih tempat duduk di barisan belakang tepat ketika lagu Malu Sama Kucing selesai dibawakan oleh kedua MC, Kang Deden & Kang Wildan (yang di foto atas. Maaf fotonya nge-blur karna nge-zoom-nya gak bener. Hehe...) Gak lama kemudian, saya pindah tempat duduk ke belakangnya Teh Desi dari #Banathelwa. Setelah itu, acara secara resmi dimulai. Setelah beberapa sambutan dari Ketua TDA Perempuan & juga Direktur Program Khusus TDA, acara memasuki sesi materi mengenai makna "pengusaha" bersama Mbak Erita Zurahmi, pemilik brand Ukhti. Dalam pemaparan materi ini, Mbak Erita berbagi cerita tentang pengalamannya jatuh bangun dalam mengembangkan brand kaos muslimah Ukhti. Beliau memberikan motivasi bagi para peserta untuk bisa naik level sampai ke level pengusaha. Dari pemaparan beliau itu, saya baru sadar kalo saya baru sampe di level 1 atau level Pekerja Mandiri; masih jauh dari level 5 atau level Pengusaha. Perjalanan masih jauh. Hiks... Tapi saya juga jadi termotivasi & dapet beberapa ide untuk didiskusikan dengan Teh Vicky supaya bisa segera diterapkan di bisnis kami.

Setelah diberi materi tentang pengusaha, peserta kemudian diajari cara berkreasi dengan decoupage. Gak kayak namanya yang terlihat & terdengar asing, ternyata kita udah sering melakukannya sejak TK yaitu gunting & tempel. Hehehe... Cuma decoupage mah alatnya khusus. Jadi yang kita tempel adalah semacam tisu tipis bergambar. Langkah-langkahnya sangat sederhana: pertama kita oleskan lem tipis-tipis di atas permukaan yang akan kita tempeli gambar; kemudian, tempelkan tisu tipis bergambar dengan hati-hati soalnya gampang sobek atau terlipat; setelah itu, biarkan sampai kering atau bisa juga dikeringkan dengan hair dryer; setelah kering, kemudian dilapis lagi dengan varnish. Voila! Kreasi decoupage saya udah jadi! Walaupun saya gak becus pas nempelnya jadi permukaan gambarnya keriput, plus saya ngasih varnish-nya cuma di atas gambar doang jadinya gambarnya bagus & mengkilap sedangkan bagian talenan lainnya enggak. Emang dasar gak punya bakat seni rupa *emoji monyet tutup mata*
Praktek Membuat Kreasi Decoupage di  Kopdar Nasional TDA Perempuan - Miss Dara
Proses Membuat Kreasi Decoupage di  Kopdar Nasional TDA Perempuan - Miss Dara
Hasil Kreasi Decoupage Buatan Saya di  Kopdar Nasional TDA Perempuan - Miss Dara

Setelah istirahat, sholat, & makan siang, acara memasuki sesi materi selanjutnya, yaitu coaching bersama Coach Fauzi Rachmanto. Beliau memaparkan mengenai pentingnya coaching dalam me-manage bisnis. Jadi di situ para peserta di-coach tentang coaching. Bingung kan? Hehe... Intinya, beliau mengajarkan bagaimana sih cara coaching itu, apa bedanya dengan mentoring, kegunaannya apa, prinsipnya apa saja, dan bagaimana menerapkannya dalam bisnis kita (i.e. meng-coach karyawan, dll.) Sayangnya, sesi materi dari beliau ini rasanya kepanjangan sampai harus dibagi dua karna kepotong coffee break & sholat Ashar. Pas masuk ke sesi bagian kedua, badan saya udah mulai gak kooperatif, udah mulai ngantuk & pengen pulang. Acara yang harusnya selesai jam 4 sore, jadi molor sampai Magrib. Mungkin ini harus dicatat sama panitianya ya, lain kali tolong bikinin acara khusus untuk materi dari Coach Fauzi doang dari awal. Hihihi...

Yang bikin bahagia dari acara ini selain materinya yang nyangkut banget di otak adalah... DOOR PRIZE-NYA BANYAK BANGET! Wajar lah ya, namanya juga acara para wirausahawan, jadi dari pesertanya juga banyak yang nyumbang door prize. Saya berhasil bawa pulang pouch kanvas lucu ini karna saya adalah peserta yang bawa handphone paling banyak (empat handphone aja :p). Saya juga dapet tas laptop dari Galeri Hello Kitty & pashmina dari #Banathelwa hasil dari rebutan tuker kado. Selain itu, saya juga bawa pulang ciput ninja ini (mereknya lupa. Nanti di-edit kalo udah di rumah. Ini lagi jadi fakir koneksi di kantor suami :p) plus merchandise talenan hasil karya decoupage. Banyak banget oleh-olehnya sampe saya repot bawanya naik-turun angkot Cisarua-Cimahi, jalan kaki nyari angkot Dustira, naik-turun kereta, naik-turun angkot Cikawet, plus jalan kaki dari gerbang komplek sampe ke rumah. Hahahaha
Oleh-oleh dari  Kopdar Nasional TDA Perempuan - Miss Dara

Tapi saya happy sekali! Beruntung banget dapet kesempatan untuk ikutan acara ini. Gak sabar rasanya pengen ikutan acara selanjutnya dari TDA. Terima kasih, TDA & TDA Perempuan! ;)
TDA Perempuan 2015 (foto dari Teh Muri Handayani) di Kopdar Nasional TDA Perempuan - Miss Dara
Foto dari Teh Muri Handayani di grup WhatsApp TDA Perempuan

Dara | Bloglovin' | Instagram | Twitter | Facebook

Join the discussion?

  1. eciee.. seru keknya acaranya.. ha baru tau afa tda perempuan :D

    BalasHapus
  2. gak pernah sekalipun ke acara bawa oleh-oleh banyak kayak gini :))

    by the way talenannya lucu lah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini gile benerrr... Namanya juga acaranya para wirausaha, jadi sponsornya banyak. Talenannya lucu banget & gampang bikinnya :D

      Hapus
  3. gak pernah sekalipun ke acara bawa oleh-oleh banyak kayak gini :))

    by the way talenannya lucu lah :D

    BalasHapus

Sila berkomentar :)